Home
>
layanan nasabah: Media Portal Capital Life Indonesia
>
Detil
Marhaban Ya Ramadhan 1444H

Ramadan adalah bulan suci dalam agama Islam yang dijadikan sebagai momen untuk berpuasa dan meningkatkan ibadah kepada Allah swt. Di bulan Ramadan, ada sebuah ungkapan yang seringkali digunakan oleh umat Muslim, yaitu "Ramadan Kareem". Namun, apa sebenarnya makna dari ungkapan tersebut?

Kata "Ramadan" berasal dari kata Arab "Ramada", yang artinya adalah panas yang sangat menyengat. Hal ini terkait dengan kondisi cuaca di wilayah Arab pada saat bulan Ramadan tiba, di mana suhu udara sangat tinggi dan memerlukan kekuatan dan kesabaran untuk berpuasa.

Sementara itu, "Kareem" dalam bahasa Arab berarti murah hati, dermawan, dan penuh kebaikan.

Jadi, Ramadhan Kareem secara harfiah berarti "Ramadan yang penuh dengan kemurahan hati". Ungkapan ini merupakan sebuah doa dan harapan bagi umat Muslim untuk mendapatkan rahmat dan kemurahan hati Allah swt. di bulan Ramadan, serta memperoleh kebaikan dan keberkahan dari Allah swt. selama menjalankan ibadah puasa dan amal kebaikan lainnya di bulan suci tersebut.

Ramadhan Kareem juga dapat diartikan sebagai sebuah undangan untuk berbuat kebaikan kepada sesama, karena di bulan Ramadan ini umat Muslim diajak untuk meningkatkan ibadah dan kebaikan, serta berbagi dengan orang-orang yang membutuhkan. Hal ini sejalan dengan makna dari kata Kareem yang berarti murah hati dan dermawan.

Selain itu, di dalam Al-Quran terdapat ayat yang mengatakan "Shahru Ramadhan al-ladzi unzila fih al-Qur'an, hudan lil-nas wa bayyinatin min al-hudaa wa al-furqaan", yang artinya adalah "Bulan Ramadan adalah bulan di mana diturunkan Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pemisahan antara yang hak dan yang batil".
Ayat ini menjelaskan bahwa bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan dan kemurahan hati Allah swt., di mana umat Muslim diberikan kesempatan untuk meningkatkan ibadah dan mendapatkan petunjuk yang benar dalam hidup mereka.

Dalam Islam, berpuasa di bulan Ramadan memiliki banyak keutamaan dan manfaat, di antaranya:

1. Meningkatkan ketaqwaan kepada Allah swt.

2. Membersihkan jiwa dan tubuh dari dosa-dosa.

3. Menjaga kesehatan tubuh dengan cara menata pola makan dan istirahat.

4. Meningkatkan rasa empati dan solidaritas sosial dengan orang yang kurang mampu.

5. Meningkatkan hubungan dengan Allah swt. melalui amalan-amalan kebaikan seperti

6. Sedekah, shalat tarawih, dan membaca Al-Quran.

Dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, hendaknya kita selalu berdoa dan memohon kemurahan hati serta keberkahan Allah.

Kami segenap jajaran Direksi & Komisaris entitas CAPITAL mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1444 H. “Mohon Maaf Lahir & Bathin”

Menara Jamsostek, Gedung Menara Utara Lt.5,
Jl. Gatot Subroto No. 38, Jakarta Selatan 12710

PENJUALAN & PEMASARAN:
Hunting : 021 - 22773899 | Fax : 021 - 2277 3897

LAYANAN PELANGGAN:
Phone: 021 - 2277 3898 | Fax : 021 - 2277 3897
Email: care@capitallife.co.id

LAYANAN PELANGGAN DPLK:
Phone: 021 - 2277 3898 | Fax : 021 - 2277 3897
Email: care.dplk@capitallife.co.id

© 2024 PT Capital Life Indonesia, subsidiary of PT Capital Financial Indonesia Tbk. All reserved | PT Capital Life Indonesia berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)