Home
>
layanan nasabah: Media Portal Capital Life Indonesia
>
Detil
Pentingnya Kamu Memiliki Asuransi Jiwa
Ada banyak hal tak terduga yang bisa terjadi dalam hidup, baik itu hal baik maupun hal buruk. Untuk menghadapi ketidakpastian ini, asuransi jiwa dibutuhkan sebagai perlindungan bila Anda atau keluarga mengalami gangguan kesehatan karena penyakit, kecelakaan, hingga risiko kematian.
 
Untuk memahami lebih dalam mengenai asuransi jiwa, Yuk ketahui lebih lanjut
 
Apa itu Asuransi Jiwa?
 
Menurut Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), asuransi jiwa adalah program perlindungan yang berbentuk pengalihan risiko ekonomis atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan. Jika dianalogikan, asuransi jiwa ibarat sebuah payung yang Anda miliki di rumah. Payung ini sudah Anda siapkan untuk melindungi diri supaya tidak kehujanan, bukan? Fungsinya sangat dibutuhkan karena berguna pada saat tertentu, tetapi seringkali tidak terpikirkan ketika keadaan aman. Artinya, asuransi jiwa termasuk sebuah produk yang bisa diandalkan terutama bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 
 
Untuk mengantisipasi kerugian finansial yang timbul akibat kondisi yang tidak diinginkan tersebut, Anda bisa membeli polis asuransi jiwa agar bisa mendapatkan uang pertanggungan. Dalam laman resminya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga menjelaskan bahwa asuransi ini bermanfaat untuk melindungi Anda sebagai pihak tertanggung dari dampak kerugian finansial tak terduga, yang disebabkan oleh seseorang jika mengalami kematian mendadak, cacat tetap total, atau pun keadaan tidak produktif (terlalu tua atau hidupnya terlalu lama) sehingga mengakibatkan kehilangan sumber penghasilan. 
 
Manfaat Memiliki Asuransi Jiwa
 
Menurut Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), asuransi jiwa perlu Anda miliki dengan tujuan agar kebutuhan ekonomi tidak terganggu akibat terjadinya risiko kepada pencari nafkah selama masa-masa produktif. Selain itu, ada beberapa manfaat lain dari asuransi jiwa, di antaranya:
 
1. Memberikan perlindungan bila ada risiko cacat
 
Produk asuransi jiwa memberikan perlindungan dari risiko cacat sebagian maupun cacat total permanen. Umumnya penanggung atau pihak asuransi akan membayarkan manfaat asuransi tersebut sesuai polis yang telah disepakati dan selanjutnya asuransi berakhir bila tertanggung mengalami cacat tetap total akibat kecelakaan. Biasanya jumlah pertanggungan akan diberikan dengan sistem pembayaran sekaligus. 
 
2. Sebagai proteksi bila ada risiko musibah
 
Asuransi jiwa memberikan perlindungan kepada tertanggung dari berbagai bentuk risiko musibah yang mungkin terjadi, termasuk meninggal dunia akibat kecelakaan. Biasanya pihak tertanggung akan diberikan sejumlah uang pertanggungan sesuai dengan polis yang berlaku setelah musibah tersebut terjadi. 
 
3. Memberi perlindungan finansial pada keluarga atau ahli waris
 
Selain sebagai proteksi dari risiko cacat dan meninggal dunia, asuransi jiwa juga bermanfaat untuk memberikan perlindungan terhadap kelangsungan hidup anggota keluarga lainnya, dalam hal ini adalah ahli waris. Sebab, biasanya uang pertanggungan dari peserta asuransi jiwa apabila meninggal dunia bisa mencapai beberapa kali lipat pendapatan. Dengan polis sebesar itu, orang-orang yang bergantung pada penghasilan peserta asuransi jiwa (ahli waris) bisa mendapatkan perlindungan finansial. 
 
4. Membantu mengelola keuangan dengan baik
 
Asuransi jiwa juga bisa berperan penting dalam membantu Anda untuk merencanakan keuangan keluarga di masa depan. Dengan memilikinya, Anda bisa mendapatkan perlindungan terhadap kondisi finansial bila terjadi risiko-risiko tak terduga di masa depan. Selain itu, asuransi juga bisa berperan sebagai penanggung kerugian yang terjadi dengan besaran uang yang akan diberikan sesuai dengan polis yang telah disepakati, sehingga bisa membantu Anda mengurangi kerugian yang mungkin terjadi.
 
Jenis-jenis Asuransi Jiwa
 
Menurut OJK, asuransi jiwa terbagi ke dalam beberapa jenis dengan manfaat yang berbeda-beda pula. Berikut ini beberapa jenis asuransi jiwa yang umumnya disediakan oleh perusahaan asuransi, antara lain: 
 
1. Asuransi jiwa berjangka (term life insurance)
 
Manfaat polis asuransi ini dapat dibayarkan apabila pihak tertanggung meninggal dunia dalam jangka waktu yang telah ditetapkan dan polisnya masih berlaku ketika pihak tertanggung meninggal dunia. Lantas, bagaimana jika pihak tertanggung masih hidup sampai berakhirnya jangka waktu yang telah ditetapkan? Maka pemegang polis akan mendapatkan hak untuk melanjutkan pertanggungan asuransi jiwa yang bersangkutan.
 
2. Asuransi jiwa seumur hidup (whole life insurance)
 
Asuransi jenis ini diberikan kepada pihak tertanggung tergantung dari kebijakan dan ketentuan perusahaan asuransi, namun biasanya jenis asuransi ini mampu menyediakan pertanggungan hingga pemegang polis berusia 90 sampai 100 tahun. Keunggulan dari asuransi ini yaitu jaminan perlindungan seumur dan manfaat nilai tunai. Dengan kelebihan ini, asuransi jiwa seumur hidup ideal dipilih oleh Anda yang mungkin sedang mempersiapkan kebutuhan hidup selama pensiun maupun rencana finansial lainnya. 
 
3. Asuransi jiwa dwiguna (endowment insurance)
 
Jenis asuransi ini biasanya menawarkan manfaat perlindungan yang dilengkapi dengan tabungan. Produk asuransi ini akan membagi bagian premi ke rekening tabungan, lalu sisanya akan dialokasikan ke manfaat yang berlaku. Keunggulan dari produk ini yaitu adanya kemudahan dalam mencairkan dana asuransi sebelum durasi atau masa asuransinya berakhir. Selain itu, apabila nasabah masih hidup hingga akhir masa aktif asuransi, seluruh nominal uang pertanggungan bisa didapatkan kembali. Oleh karena itu, biasanya jenis asuransi ini cocok diajukan oleh nasabah yang memiliki tujuan keuangan jangka panjang dan bersifat primer, seperti biaya pendidikan maupun biaya pensiun. 
 
4. Asuransi unit link
 
Jenis asuransi ini menggabungkan manfaat asuransi dengan investasi. Dengan memilikinya, pihak tertanggung bisa mendapatkan manfaat perlindungan asuransi sekaligus imbal hasil investasi atas produk unit link di Indonesia yang umumnya diselenggarakan oleh perusahaan asuransi. 
 
Premi yang dibayarkan akan dialokasikan ke dalam dua mekanisme pengelolaan yang terpisah, yang pertama yaitu pengelolaan premi dasar untuk kepentingan perlindungan, sementara yang kedua yaitu pengelolaan premi investasi yang umumnya dikelola oleh manajer investasi.
 
Tips Memilih Asuransi Jiwa yang Tepat
 
Memilih asuransi terbaik dan sesuai kebutuhan perlu Anda lakukan dengan cermat. Oleh karena itu, ada beberapa pertimbangan yang perlu Anda perhatikan, di antaranya:
 
1. Pilih produk asuransi yang sesuai kebutuhan
2. Periksa terlebih dahulu kondisi keuangan
3. Riset dan bandingkan kualitas produk
4. Pilih produk dari perusahaan yang sudah terpercaya 
 
Jakarta, 12 Juni 2023
 

 

Menara Jamsostek, Gedung Menara Utara Lt.5,
Jl. Gatot Subroto No. 38, Jakarta Selatan 12710

PENJUALAN & PEMASARAN:
Hunting : 021 - 22773899 | Fax : 021 - 2277 3897

LAYANAN PELANGGAN:
Phone: 021 - 2277 3898 | Fax : 021 - 2277 3897
Email: care@capitallife.co.id

LAYANAN PELANGGAN DPLK:
Phone: 021 - 2277 3898 | Fax : 021 - 2277 3897
Email: care.dplk@capitallife.co.id

© 2024 PT Capital Life Indonesia, subsidiary of PT Capital Financial Indonesia Tbk. All reserved | PT Capital Life Indonesia berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)