Home
>
layanan nasabah: Media Portal Capital Life Indonesia
>
Detil
Cara Memilih Asuransi yang Baik untuk Kamu dan Keluarga

Memiliki asuransi sangat penting untuk menyiapkan masa depan yang lebih baik. Cara memilih asuransi yang baik perlu diperhatikan dengan cermat agar kamu tidak salah pilih dan tidak kecewa di kemudian hari. Produk asuransi dari berbagai perusahaan memang cukup beragam, tetapi manfaatnya yang ditawarkan hampir mirip - mirip. Oleh sebab itu, sebelum kamu membeli asuransi sebaiknya perhatikan beberapa poin penting berikut sebagai pertimbangannya.

 

Tips Memilih Asuransi

1. Beli polis karena kebutuhan

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kebutuhan. Pastikan kamu membeli polis asuransi karena memang kamu membutuhkannya, bukan karena kamu ikut - ikutan orang lain, merasa tidak enak dengan agen asuransi, atau hanya karena penawaran yang menggiurkan.

Perlu diingat bahwa asuransi ini termasuk jangka panjang. kamu perlu membayar premi setiap bulan secara rutin. Jika asal beli, mungkin di tengah jalan kamu akan merasa berat untuk membayarnya karena memang tidak berdasarkan kebutuhan.

2. Pilih agen yang paham produknya

Tips penting lainnya saat akan membeli asuransi adalah pastikan agen yang menawarkan asuransi memang paham dengan produknya. Sebaiknya pilih agen asuransi yang memang memiliki lisensi AAJI atau Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia. Hal ini penting untuk menghindarkan kamu dari risiko - risiko yang merugikan seperti kesulitan saat klaim asuransi atau mengurus administrasi lainnya.

Jika agen asuransi memang memiliki lisensi biasanya akan lebih bertanggung jawab dengan produk yang ditawarkan dan juga terhadap calon klien. Selain memiliki lisensi, kamu juga bisa menanyakan kepada agen terkait gelar sertifikasi yang mungkin dimiliki sebagai seorang agen asuransi. Contohnya RFP, AWP, CFP, QWP, dan lain-lain.

3. Beli asuransi sesuai kemampuan finansial

Perhatikan juga kemampuan finansial kamu untuk membayar premi asuransi. Seorang pekerja dengan gaji Rp 3 juta per bulan dan seorang yang penghasilannya Rp 5 juta per bulan tentu memiliki kemampuan untuk membayar premi yang berbeda-beda.

Sebaiknya kamu hitung keuangan kamu dengan cermat agar dapat mengalokasikan dana untuk asuransi tanpa mengorbankan pos - pos keuangan lain yang lebih bersifat mendasar. kamu bisa meminta saran dan konsultasi dengan agen asuransi untuk membantu mendapatkan produk asuransi yang paling tepat.

Pastikan kamu memahami produk asuransi yang dibeli memang sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial. Pasalnya, asuransi yang perlindungannya terlalu kecil, bisa jadi kurang memberikan perlindungan yang maksimal untuk kamu dan keluarga. Begitu juga sebaliknya, bila manfaat perlindungan yang diberikan terlalu besar, mungkin kamu membayar terlalu mahal untuk perlindungan yang sebenarnya kurang dibutuhkan.

4. Minta agen menjelaskan manfaat produk

Setiap produk asuransi memiliki manfaat perlindungan yang berbeda. Jadi sebaiknya kamu pahami dulu dengan sejelas - jelasnya mengenai manfaat produk asuransi tersebut. Apabila kamu sudah membeli asuransi, kamu boleh meminta agen untuk menjelaskan ulang mengenai manfaatnya.

Nasabah asuransi juga memiliki hak untuk memikirkan kembali produk asuransi yang dibeli, bahkan bisa dibatalkan dalam kurun waktu 14 hari sejak buku polis diterima. Uang premi akan dikembalikan dan hanya dipotong biaya admin.

5. Kenali perusahaan asuransinya

Kredibilitas perusahaan asuransi sangat penting untuk diperhatikan. Pastikan perusahaan tersebut memberikan layanan yang profesional, bertanggung jawab, dan bisa dikamulkan untuk beberapa tahun ke depan. Jangan sampai salah pilih asuransi dari perusahaan tidak jelas yang mungkin tidak bisa bertahan lama.

Ada baiknya untuk memilih perusahaan asuransi yang memiliki modal dan sistem yang kuat sehingga bisa eksis terus. kamu tidak perlu khawatir dengan dana yang kamu bayarkan setiap bulannya.

Sebaiknya kamu tidak usah tergesa-gesa ketika ada yang menawarkan asuransi. Pikirkan dengan baik sebelum kamu membeli produk asuransi agar sesuai kebutuhan dan kemampuan kamu. Selain itu, tidak kalah penting juga untuk mengenali perusahaan asuransinya.

Pilih produk asuransi dari perusahaan yang terpercaya dan terdaftar OJK. Cari informasi lebih banyak mengenai perusahaan tersebut. kamu juga bisa menggali informasi dari review-review pelanggan yang memiliki polis tersebut atau melalui media internet.

6. Pertimbangkan dengan baik

Pertimbangkan dengan baik produk asuransi yang dibeli dan premi yang disepakati dalam polis asuransi. Besarnya premi menjadi poin penting yang tidak boleh tidak boleh diabaikan.

Pastikan kamu mampu membayar premi karena asuransi ini bersifat kontrak jangka panjang. Pilih premi yang besarnya sesuai dengan alokasi kamu untuk asuransi, idealnya adalah 5-10% dari penghasilan bulanan. Hal ini bertujuan agar kamu tidak keberatan untuk membayar premi asuransi di kemudian hari.

 

Itulah beberapa cara memilih asuransi yang baik supaya kamu mendapatkan asuransi tepat guna yang sesuai dengan kebutuhan. Pertimbangkan dengan baik sebelum memilih asuransi dan pastikan kamu benar - benar paham dengan polis asuransi yang dibeli. Serta saat ini sudah banyak pilihan dalam membeli asuransi, bisa beli asuransi online atau asuransi konvensional melalui perusahaan dan agen asuransi.
 

Jakarta, 18 Juli 2023

 

Menara Jamsostek, Gedung Menara Utara Lt.5,
Jl. Gatot Subroto No. 38, Jakarta Selatan 12710

PENJUALAN & PEMASARAN:
Hunting : 021 - 22773899 | Fax : 021 - 2277 3897

LAYANAN PELANGGAN:
Phone: 021 - 2277 3898 | Fax : 021 - 2277 3897
Email: care@capitallife.co.id

LAYANAN PELANGGAN DPLK:
Phone: 021 - 2277 3898 | Fax : 021 - 2277 3897
Email: care.dplk@capitallife.co.id

© 2024 PT Capital Life Indonesia, subsidiary of PT Capital Financial Indonesia Tbk. All reserved | PT Capital Life Indonesia berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)